Adipura Untuk Makassar, Siapa Yang Bangga?

Berita tentang Kota Makassar yang berhasil mendapatkan Piala Adipura menjadi trending topik di berbagai portal berita baik itu media cetak maupun media online. Tidak hanya menjadi berita utama, Piala Adipura pun mendapat pengawalan ketat saat diarak keliling Kota Makassar untuk ditunjukkan kepada masyarakat bahwa Makassar layak mendapatkan penghargaan ini.

Suatu prestasi yang luar biasa yang patut untuk dibanggakan ketika melihat kota tercinta ini sebenarnya masih belum bisa menjadi kota yang layak untuk mendapatkan Piala Adipura tetapi dengan mudahnya bisa diraih.

Apa sih itu Piala Adipura?

Adipura adalah gelar penghargaan yang diberikan kepada kota yang dinilai paling bersih dan rapi oleh Pemerintah Pusat. Penghargaan Adipura diberikan setiap tahun, setelah sebuah panitia yang terdiri dari beberapa pejabat departemen melakukan penelitian dan penilaian. Penilaian itu tidak hanya dilakukan terhadap kebersihan secara umum, melainkan juga terhadap cara perorganisasian pemerintah daerah terhadap kotanya dalam menggalakkan usaha kebersihan lingkungan.

Dengan adanya penghargaan Adipura, hampir semua kota di Indonesia menggiatkan kampanye kebersihan kepada warganya. Selain itu, mereka juga membuat program kebersihan yang harus dilaksanakan oleh aparat pemerintah daerah. Di beberapa kota, usaha rancangannya ini dimulai dengan menyertakan pihak DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). Dengan menyertakan unsur legislatif, penentuan tempat pembuangan sampah, anggaran untuk pengadaan tempat sampah, dan alat pengangkut sampah dapat diatur sesuai dengan kehendak wakil rakyat.

 

Apa saja persyaratan untuk mendapatkan Piala Adipura?

Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memperketat syarat bagi pemerintah daerah mendapatkan penghargaan Adipura.  Dimana dulu syaratnya hanya bersih dan ruang terbuka hijau (RTH) memenuhi kaidah 10 persen hutan kota. Sehingga dikeluarkan persyaratan baru yang lebih ketat dan selektif. Persyaratan baru tersebut antara lain : (sumber : yahoo!.news)
  • Revitalisasi sampah dengan prinsip 3R yakni `reduce, reuse dan recycle` harus tujuh persen.
  • Harus terpenuhinya minimal angka tujuh persen untuk pengelolaan sampah organik dan anorganik.
  • Kualitas udara, sistem transportasi dan rencana transportasi kota ke depan.
  • Kualitas air apakah kualitas badan sungai yang masuk ke tengah kota memenuhi baku mutu sehingga menjadi salah satu indikator penentu indeks kualitas lingkungan perkotaan.
  • Kalau suatu kota dengan empat item yakni RTH, kualitas air, kualitas udara, dan pengelolaan sampah, indeksnya tidak terpenuhi, maka tidak bisa mendapatkan Adipura

 

Apa saja usaha Pemerintah Kota Makassar untuk meraih Piala Adipura?

Menurut Walikota Makassar, Danny Pomanto,  Program-program Pemkot Makassar diantaranya adalah MTR, Mabello, Lihat Sampah Ambil (Lisa), Maju Rong, Bank Sampah dan Lorong Garden. “Selain itu, program sentuh hati Pemkot Makassar yang dilakukan oleh lurah dan camat membuat masyarakat bisa bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan baik,” tambah Danny

Kadis Kebersihan Makassar, Aziz Hasan juga mengaku bahwa indikator dalam penilaian Adipura yakni Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Bank Sampah. Dan kedua aspek ini bisa dibilang sudah sangat bagus dikota Makassar. “TPA dan Bank Sampah gradenya di atas rata-rata dari standar tim penilai, Insya Allah Makasssar dapat,” ucapnya.

 

Realita Kebersihan Kota Makassar dalam usaha meraih Piala Adipura

 

 

Layakkah Kota Makassar mendapatkan Piala Adipura?

 

 

 

 

Penampakan foto-foto yang diambil dari berbagai sudut jalan Kota Makassar tentunya sudah dapat membuktikan bahwa siapakah sebenarnya yang layak dan bangga atas diraihnya Piala Adipura oleh Kota Makassar. Pemkot, Masyarakat Makassar atau mungkin Anda?

 

Sumber Artikel :

http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-arti-adipura/

http://waroengkemanx.blogspot.co.id/2010/12/persyaratan-pemberian-adipura.html

http://www.rmol.co/read/2015/11/26/225885/Kembali-Raih-Adipura,-Ini-Kata-Wali-Kota-Makassar-

http://rakyatku.com/2015/10/30/news/pemerintahan/kota-makassar-masuk-nominasi-peraih-piala-adipura.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: