#Educamp2 Komunitas Pajappa, Menantang Nyali Si Phobia Ketinggian dan Ruang Sempit

caving

Setelah sukses melaksanakan #Educamp1 dengan tema “Pengenalan Alam Terbuka dan Botanical Suvivor” serta permintaan dari followers twitter dan anggota Komunitas Pajappa, teman-teman pengurus Komunitas Pajappa akhirnya mengadakan #Educamp2 yang bertemakan “Caving dan Climbing”. Trip kali ini memang agak sedikit ekstrim dibandingkan trip-trip yang diadakan sebelumnya. Mengapa dikatakan ekstrim??, karena trip kali ini memang seperti menantang maut.

flayer

Peserta trip yang terdaftar pada saat technical meeting sebanyak 48 orang dan bisa dikatakan hampir semua peserta tergolong masih awam dengan kegiatan ini. Kegiatan ini penuh dengan tantangan dan harus bertaruh nyawa jika terjadi kesalahan pada saat penggunaan alat.

Peserta yang sebagian besar adalah pria ini dengan penuh semangat mengikuti materi yang diberikan oleh Kanda Anwar selaku instruktur dalam #Educamp2. Kanda Anwar adalah salah seorang senior andalan dari teman-teman pencinta alam PETA dan dipercaya bisa membimbing para peserta kegiatan ekstrim ini.

Senam Pagi yang dilakukan oleh Para Peserta sebelum melakukan kegiatan

Senam Pagi yang dilakukan oleh Para Peserta sebelum melakukan kegiatan

Setelah melakukan beberapa pertemuan dengan teman-teman dari PETA, akhirnya lokasi yang dianggap cocok untuk melakukan aktifitas ekstrim ini adalah Goa Saripah. Goa Saripah dianggap cocok karena selain susur goa yang ada dalam kegiatan ini, dinding luar goa Saripah juga bisa dijadikan sebagai medan panjat tebing bagi para peserta kegiatan ditambah lagi tempat ini juga sudah sangat dikenal oleh para peserta jadi tidak akan susah lagi untuk mencari lokasi yang letaknya sekitar 30 meter dari jalan poros kabupaten.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini dipenuhi dengan materi indoor dan outdoor. Teman-teman dari PETA yang ikut menjadi instruktur dalam kegiatan ini pun tak pernah lelah untuk selalu mengingatkan para peserta agar tetap safety dan selalu berhati-hati dalam melakukan suatu pergerakan jika sedang beraktivitas didalam goa maupun diatas tebing.

Peralatan yang digunakan untuk SRT (Single Rope Technique)

Peralatan yang digunakan untuk SRT (Single Rope Technique)

Yang menjadi tantangan terbesar dalam melaksanakan kegiatan outdoor ini adalah melawan rasa takut yang ada didalam diri. Kita ketahui bahwa ada sebagian besar orang yang memang takut akan ketinggian dan ruang sempit yang gelap dan itulah yang menjadi tantangan paling berat dalam kegiatan kali ini.

Rama pemilik akun twiter @ramatamaa contohnya, dia mengakui bahwa dirinya selalu takut akan ruang sempit yang gelap. Rasa mual dan pusing akan datang ketika dirinya berada ditempat seperti itu namun dia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini ditambah lagi dengan instruktur yang handal rasa takut yang dia derita bisa dilawan ditempat ini. Berbanding terbalik dengan Febrianti Utami, perempuan yang hobi makan ini mengaku merasa senang ketika berada didalam goa yang sempit dan gelap karena dengan begitu dia akan sadar bahwa sebenarnya tubuhnya tidaklah gemuk seperti yang diperbincangkan oleh teman-teman yang baru bertemu dengannya.

Para peserta #Educamp2 ketika berada didalam goa

Para peserta #Educamp2 ketika berada didalam goa

Berbeda lagi halnya dengan Iqbal Lubis, wartawan foto salah satu media nasional ini bersedia mengikuti kegiatan #Educamp2 komunitas Pajappa karena ingin belajar tehnik dan cara penggunaan alat. Tehnik dan cara penggunaan alat berguna ketika dia ditugaskan oleh kantornya untuk meliput berita yang memang membutuhkan tehnik dan alat seperti ini. “ini mi yang kutunggu-tunggu dari dulu.. kita tau saya to..?? jangankan tebing dan goa, cintanya saja bebep kukejar sampe diujung samudera” canda Iqbal yang juga menjadi ketua Gerakan LaTondu

Peserta pada saat melakukan aktifitas SRT (Single Rope Technique)

Peserta pada saat melakukan aktifitas SRT (Single Rope Technique)

Besar harapan dari teman-teman peserta kegiatan maupun anggota agar komunitas Pajappa sering mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini yang tentunya mempunyai nilai edukasi dan sosial.

Yang belum sempat mengikuti kegiatan #Educamp2 komunitas Pajappa mungkin bisa melihat video singkat yang diambil pada saat kegiatan #Educamp2 disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: