Kodingareng Keke, si cantik tak berpenghuni

Ketika kita memilih berlibur ke Sulawesi Selatan yang ada didalam benak kita adalah kuburan batu dan tengkorak manusia yang ada di kabupaten Toraja, pasir putih dan laut biru yang ada dipantai Bira kabupaten Bulukumba dan Air Terjun Bantimurung di kabupaten Maros. Tapi siapa yang sangka kalau ternyata wilayah kota Makassar sendiri ada wisata bahari seperti pulau-pulau yang cantik. Salah satu pulau yang sudah mulai dikenal oleh para wisatawan baik itu lokal maupun asing adalah pulau Kodingareng Keke.

Pulau Kodingareng Keke adalah salah satu dari 11 pulau yang berada dalam jajaran kepulauan spermonde, Sulawesi Selatan (Sulsel).  terletak di sebelah utara Pulau Kodingareng Lompo dan berjarak 14 kilometer dari Makassar. Memajang dari timur laut hingga barat daya, pulau ini adalah pulau tak berpenghuni. Hanya ada 9 ekor kucing yang entah dari mana asalnya. Konon cerita yang beredar dimasyarakat, kucing-kucing tersebut adalah penjaga dari pulau Kodingareng Keke.

kodingareng1

Pulau Kodingareng Keke

Untuk menuju ke Kodingareng Keke kita memang harus menyewa perahu bermotor karena tidak ada transportasi reguler. Dari kota Makassar, Kodingareng Keke dapat ditempuh selama 30-45 menit dari tiga dermaga. Ketiga tempat tersebut antara lain Dermaga Kayu Bangkoa, Dermaga Panyua dan Pelabuhan Paotere. Harga untuk penyeberangan ke Kodingareng Keke dari ketiga tempat itu tidak berbeda jauh, hanya sekitar Rp. 450.000,- pergi pulang.

Disebelah barat pulau, kedalaman laut mencapai lebih dari 20 meter. Perairan sebelah barat laut hingga 1,5 mil dari Pulau Kodingareng Keke, merupakan daerah yang cukup luas dengan kedalaman kurang dari 5 meter, sedangkan perairan sebelah timur dan selatan merupakan alur pelayaran masuk dan keluar dari Pelabuhan Selat Makassar.

DSC_0773

Pemandangan diambil dari sisi timur Pulau Kodingareng Keke

Dipulau ini hanya ada satu dermaga serta beberapa pohon cemara udang sehingga akan terasa panas apabila matahari tepat berada diatas kepala kita. Jika kita memilih untuk berlama-lama disana sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari tempat berteduh hingga persediaan makanan.

Pulau cantik ini selalu memanjakan mata dan mampu membuat kita berdecak kagum karena keindahannya. Dimulai dari air laut yang berwarna hijau tosca hingga pemandangan bawah laut yang masih sangat alami. Terumbu karang yang cantik serta ikan yang berwarna-warni menjadi daya tarik yang kuat buat para diver untuk melakukan penyelaman.

DSC_0732

hamparan pasir putih adalah tempat yang indah untuk melihat hijau tosca dan birunya laut Pulau Kodingareng Keke

 

Kodingareng Keke memang belum jadi destinasi wisata utama di kota Makassar, tapi saya yakin cepat atau lambat pulau cantik ini pasti akan makin dikenal.

Nah, bicara soal tujuan wisata sekarang para traveler sudah punya banyak fitur yang memudahkan, utamanya bagi mereka yang punya smartphone. Salah satu fitur smartphone yang memberikan informasi tentang tempat-tempat wisata dikota yang anda kunjungi adalah WisataLokal.

Selain membaca dan mencari referensi-referensi tempat yang akan dikunjungi, aplikasi WisataLokal juga sangat bermanfaat bagi para traveler agar bisa mengatur waktu dan tempat yang akan dikunjungi nantinya. Fitur-fitur didalam aplikasi WisataLokal juga cukup memuaskan mulai dari peta/map, foto hingga review dari lokasi wisata tersebut hanya saja belum semua tempat-tempat wisata yang terdapat didalam aplikasi Wisata Lokal.

Penulis sendiri sudah menggunakan aplikasi Wisata Lokal pada saat akan ke pulau Kodingareng Keke, tampilan yang sederhana namun menarik membuat penulis tidak akan sulit menggunakannya. Aplikasi ini juga mempunyai kapasitas memori yang kecil sehingga untuk mengaksesnya lebih gampang dan tidak akan memberatkan kinerja processor smartphone. Foto-foto tempat wisata yang terdapat didalam aplikasi ini seakan bercerita bahwa tempat wisata mana saja yang layak dan wajib untuk dikunjungi. Mengenai bagaimana cara untuk dapat bisa sampai ke lokasi wisata juga telah disediakan map/peta yang akurat oleh aplikasi ini jadi jangan takut tersesat apabila menggunakan aplikasi Wisata Lokal.

Harapan kedepannya agar pihak dari Wisata Lokal bisa lebih memperbanyak informasi tempat-tempat wisata disetiap kotamadya/kabupaten agar para traveler mempunyai destinasi lebih banyak lagi.

Aplikasi WisataLokal Android dapat didownload di sini bit.ly/1DwB87a
Aplikasi WisataLokal Windows Phone dapat didownload di sini bit.ly/1L30g7X

Iklan

2 responses

  1. Dear Penulis…
    Bagus sekali tulisannya…
    Boleh ditambahkan dengan Link download aplikasi Wisata lokal di tulisan anda?
    Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=net.wisatalokal
    Windows Phone : http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/wisatalokal/e8ca9456-55a4-4744-b81d-a30bcb29cd96

    Thank You

    Suka

    1. Alhamdulillah mas Dimas.. sudah saya tambahkan link untuk download aplikasi Wisata Lokal

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: