10 alasan mengapa kita butuh liburan

Pekerjaan, apalagi yang memasang target serta deadline, bisa sangat menyita waktumu, dan bikin kamu gak sempat untuk melakukan hal lainnya dalam hidup kamu. Padahal, kebanyakan bekerja itu gak baik buat kesehatanmu lho. Selain  itu, tingkat kejenuhan yang tinggi justru akan menurunkan produktivitas kamu.

Nah, kalo kamu merasa bahwa kamu mengalami hal-hal di bawah ini, itu tandanya kamu udah butuh liburan dari pekerjaanmu:

 1. Akhir-akhir ini, pekerjaanmu terasa seolah gak ada habisnya.

Terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan

Kerjaan yang harus kamu selesaikan di kantor rasanya kok kayak gak ada habisnya ya? Baru selesai satu kerjaan, eh udah menunggu dua lainnya, begitu seterusnya. Kalo akhirnya jadi banyak kerjaanmu yang gak selesai, mungkin cara kerjamu udah gak efisien lagi untuk menangani pekerjaan yang menumpuk. Liburan mungkin bisa jadi solusi yang tepat buat menata kembali sistem kerjamu biar lebih efisien.

 2. Kamu terpaksa menolak ajakan temanmu untuk ngumpul karena kesibukanmu.

Terpaksa menolak ajakan  teman

Banyak temanmu yang ngajakin kamu nongkrong bareng. Tapi, kamu terpaksa menolaknya karena masih banyak kerjaan yang harus dirampungkan. Padahal kamu udah lupa tuh kapan terakhir kali ngumpul bareng mereka.

Bersosialisasi itu penting lho. Selain untuk menyegarkan kembali pikiran yang jenuh, ketemu teman lama mungkin bisa membuka kesempatanmu terhadap hal-hal baru yang gak kamu duga sebelumnya.

3. Sekarang, lingkup sosialmu tinggal rekan-rekan sekantormu.

Lingkup sosialmu cuma teman sekantor

Well, setelah sepanjang waktu berinteraksi sama mereka, kamu menyadari bahwa kamu hampir gak ada teman lain di luar kantor. Dengan teman sekantormu pun kamu juga gak deket-deket amat; semuanya termasuk orang sibuk gitu.

Coba deh ambil cuti dan berliburlah. Kenalan sama orang-orang baru. Biar wawasanmu juga makin terbuka, gak semata terkungkung di lingkup kerjaan aja.

4. Kamu jadi gampang marah-marah.

Kamu jadi galak

Gampang marah-marah adalah pertanda kalo tingkat stresmu tinggi. Kerjaan yang menumpuk, atmosfer kantor yang kurang kondusif, target yang belum terpenuhi, serta deadline yang udah di depan mata bisa menjadi penyebab stres. Wah, kalo udah gini, kamu harus segera liburan untuk menyegarkan pikiranmu tuh. Daripada ini memicu penyakit!

5. Kamu selalu merasa lelah.

Mungkin kamu lelah...

Sama kayak gadget, energimu juga perlu diisi ulang biar bisa kembali berfungsi secara maksimal. Salah satu caranya tentu dengan tidur yang cukup. Ketika kamu terus-terusan merasa capek, bisa jadi ada yang salah dengan tubuhmu.

Libur selama satu-dua hari bisa membantu mengistirahatkan fisik dan mentalmu yang lelah akibat kebanyakan bekerja. Tapi kalo kamu udah sering libur tapi masih merasa lelah, mungkin kamu cuma malas aja. Hehe.

6. Sampai rumah pun, kamu masih ngurusin kerjaan

Duh, sibuk!

Kerjaan yang banyak kadang bikin kita harus lembur dan pulang telat. Tapi, kalo di rumah kamu masih juga ngurusin kerjaan – bahkan akhir pekan pun kamu korbanin buat menuntaskan tugas kantor – ini benar-benar udah gak sehat. Kalo kamu terus-terusan melakukan itu, dijamin tubuhmu pasti bakal gampang sakit-sakitan deh!

Manfaatkan waktu libur dengan sebaik-baiknya, yaitu buat menetralisir pikiranmu dari penatnya kerjaan. Kesampingkan dulu kerjaanmu ya!

7. Sekarang kamu hampir gak pernah olahraga.

Badanku dulu tak begini...

Coba diingat-ingat, kapan terakhir kamu olahraga — baik itu sekadar joging atau nge-gym? Karena terlalu sibuk sama kerjaan, kamu jadi gak pernah olahraga, otot-ototmu kaku dan tubuhmu mulai berlemak di sana-sini.

Gunakan sebagian waktu liburmu dengan olahraga. Kalo kamu niat, olahraga tuh sebenarnya gak makan banyak waktu kok.

8. Kamu udah lupa kapan terakhir kali melakukan hobimu.

Kapan terakhir kamu melakukan hobimu?

Melakukan hobi yang kamu sukai itu penting banget buat menjaga keseimbangan mental kamu, mempertahankan kamu untuk tetap “waras”. Jadi, kapan terakhir kamu mengerjakan hobimu alih-alih terus berkutat sama kerjaan? Atau jangan-jangan kamu udah lupa sama hobimu!

Ambil cuti dan berliburlah. Melakukan hobi yang kamu suka bisa membantu kamu untuk kembali menyeimbangkan pikiran dan jiwa kamu.

9. Banyak hal yang berubah di kotamu, dan kamu sama sekali gak tau

Jelajah kotamu yuk!

Kamu baru sadar ada mal baru lagi yang berdiri di kota tempat tinggalmu. Atau restoran favoritmu ternyata udah gulung tikar. Ternyata banyak hal yang terjadi di kotamu telah luput dari perhatian kamu.

Mungkin kamu perlu liburan dan menjelajah kota sesekali. Kamu mungkin akan menemukan pengalaman menarik dari hal-hal yang selama ini gak kamu perhatikan.

10. Kamu jarang ketemu keluargamu.

Keluargamu kangen lho!

Kamu tinggal sendiri di kota yang berbeda dengan keluargamu? Pekerjaan emang seringkali menyita waktu, sampai kamu gak sempat bercengkerama sama orang tua, saudara, bahkan istri dan anak-anakmu.

Ayolah, tinggalkan pekerjaanmu barang sejenak. Berliburlah untuk pulang dan peluk keluargamu. Mereka pasti juga sangat merindukan kamu.

Banyak hal yang kita lupakan ketika kita sudah tenggelam sama kerjaan yang menumpuk. Sedikit liburan bisa menyadarkan kamu, bahwa ternyata banyak hal penting yang sebenarnya lebih penting dari pekerjaan dan uang. Jangan sampai kamu terlambat menyadarinya.

(Sumber : http://www.hipwee.com/inspirasi/tanda-tanda-kalo-kamu-butuh-liburan/)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: